HEADLINE

Raih Suara Terbanyak Ketiga, Abdul Rahim : “Terimakasih Masyarakat Sumbawa-KSB”

Caleg PDI Perjuangan Terpilih untuk DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat dari Dapil NTB 5 Sumbawa-Sumbawa Barat, Abdul Rahim. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pertarungan dalam memperebutkan kursi DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Pemilihan Legislatif (Pemilu) 2024 lalu dari tiap Daerah Pemilihan (Dapil) cukup ketat.

Salah satunya, seperti kompetisi yang berlangsung di Dapil NTB 5 meliputi Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Pasalnya, dapil ini hanya menyediakan jatah 8 kursi.

Sementara para petarung dari tiap partai politik yang dipersiapkan cukup banyak. Tak heran, mereka berlomba-lomba merebut hati masyarakat yang ada di Sumbawa dan KSB.

Setelah melalui proses panjang, akhirnya tibalah waktu penetapan jumlah kursi dan calon anggota terpilih DPRD NTB periode 2024-2029 secara resmi oleh KPU Provinsi NTB pada Jum’at malam (14/06/2024) lalu.

Khusus Dapil NTB 5, ada 8 nama yang ditetapkan secara resmi berhasil lolos menduduki kursi Udayana. Salah satunya adalah Abdul Rahim politisi PDI Perjuangan.

Abdul Rahim adalah pendatang baru menduduki kursi Udayana. Diketahui pula, pria yang kerap disapa Bram itu merupakan adik kandung dari Ketua DPRD Sumbawa saat ini, yaitu Abdul Rafiq.

Dalam kontestasi Pileg tahun 2024 ini, Abdul Rahim tercatat berhasil meraih suara terbanyak dan sukses diposisi ketiga. Yakni dengan raihan tembus 17.672 suara.

Baca Juga:  Tuan Guru Hazmi Bakal Buat Lompatan Besar Jika Terpilih

ABDUL RAHIM : TERIMAKASIH MASYARAKAT SUMBAWA-KSB

Terkait capaian ini, Abdul Rahim mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya tak terhingga kepada masyarakat yang ada di dapilnya.

“Alhamdulillah, tentunya (saya memberikan) ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada masyarakat NTB, khususnya masyarakat Sumbawa dan Sumbawa Barat,” ucapnya, Sabtu (15/06/2024).

Sebagai sosok pendatang baru di Udayana yang mendapatkan mandat dari masyarakat, menurut Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Provinsi NTB tersebut, bukanlah tanpa alasan.

Karena menurut dia, terpilihnya sebagai wakil rakyat di Udayana adalah sebuah kepercayaan atau amanah besar dari masyarakat Sumbawa-KSB yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

“Ini berarti saya mendapat perintah atau amanah dari masyarakat untuk memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat (Sumbawa-KSB) kedepannya,” tegas Abdul Rahim kepada NUSRAMEDIA.

“Terutama dalam mengawal program-program pemerintah yang pro terhadap rakyat, terutama terhadap masyarakat kecil,” sambung politisi muda PDI Perjuangan asal Sumbawa tersebut.

Oleh karenanya, Abdul Rahim mengaku siap akan menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Terutama dalam memperjuangkan hak masyarakat Sumbawa-KSB. “Dan ini menjadi tugas saya kedepannya untuk memperjuangan apa yang menjadi hak-hak masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga:  Gerindra Resmi Usung Farin-Khairatun di Pilkada Lombok Barat

KPU RESMI TETAPKAN CALEG DPRD NTB TERPILIH 2024-2029

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat secara resmi menetap perolehan kursi dan calon anggota legislatif (caleg) DPRD Provinsi NTB terpilih periode 2024-2029.

Penetapan itu dilakukan tepatnya pada saat giat Rapat Pleno Terbuka Penghitungan dan Perolehan Jumlah Kursi serta Calon Anggota Terpilih DPRD Provinsi NTB, Jum’at malam (14/06/2024) di Kota Mataram.

Ketua KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Khuwailid mengatakan, bahwa penetapan ini merupakan tahapan akhir dari seluruh tahapan Pemilu 2024.

“Alhamdulillah akhirnya kita sudah bisa menetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih untuk DPRD Provinsi NTB periode 2024-2029 hasil Pemilu 2024,” ujar Khuwailid di Mataram.

Pada forum Rapat Pleno tersebut, KPU Provinsi NTB menerima masukkan bahwa ada anggota DPRD NTB terpilih Dapil NTB 5 dari Partai Golkar atas nama Mancawari meninggal dunia.

Terhadap informasi tersebut, KPU NTB mengaku belum menerima pemberitahuan secara resmi dari partai politik (parpol) yang mencalonkannya.

Oleh karenanya, KPU NTB dalam Berita Acara Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD NTB pada Pemilihan Umum 2024 Nomor : 123/PL-01-9-BA/52/2024 masih tetap menetapkan Mancawari menduduki kursi ke lima dari delapan kursi di Dapil tersebut.

Baca Juga:  Sumbawa Usulkan 14.700 Hektare Cetak Sawah Baru 2025

Senada dengan Ketua Bawaslu NTB, Itratip juga mengatakan bahwa pihaknya juga belum menerima dokumen dari parpol yang bersangkutan bahwa ada caleg terpilih meninggal dunia. “Kami juga belum menerima surat pemberitahuan,” ujar Itratip singkat.

CALEG DPRD NTB TERPILIH DARI DAPIL 5 SUMBAWA-KSB

Dalam rapat Pleno terbuka tersebut tampak hadir tamu undangan dari intasi terkait, penghubung partai politik, Bawaslu, dan insan pers. Berikut sejumlah nama dan perolehan suara yang diraih Caleg DPRD NTB Terpilih dari Dapil 5 :

[1]. Sambirang Ahmadi (PKS) berhasil memperoleh 20.720 suara.
[2]. Muhammad Nasri (PAN) berhasil meraup 19.754 suara.
[3]. Abdul Rahim (PDI Perjuangan) berhasil meraih 17.672 suara.
[4]. Asaat Abdullah (Partai NasDem) meraih 13.973 suara.
[5]. Mancawari LM (Partai Golkar) dengan raihan 12.646 suara.
[6]. Syamsul Fikri (Partai Demokrat) berhasil meraup 12.074 suara.
[7]. Iwan Panjidinata (Partai Gerindra) dengan perolehan 10.3789 suara.
[8]. Rusli Manawari (PPP) berhasil meraup 9.796 suara.