HEADLINE

Sejumlah Ruas Jalan Buka-Tutup Saat Gelaran Ironman Lombok

127
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Yusron Hadi. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Tinggal menghitung hari, kejuaraan dunia Triathlon Ironman 70.3 Lombok Tahun 2022 akan terlaksana. Yaitu tepatnya akan digelar pada Sabtu 8 Oktober 2022 mendatang.

Terkait hal ini, pihak Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsk Nusa Tenggara Barat dengan pihak terkait melaksanakan rapat bersama di Polda NTB, Rabu (5/10) kemarin.

Mengingat pelaksanaan Ironman akan menggunakan sejumlah titik ruas jalan di Pulau Lombok, maka dilakukan pengaturan arus lalu lintas yang akan dilalui peserta.

Ratusan atlet dari dalam maupun luar dari puluhan negara akan mengikuti kejuaraan dunia Ironman 70.3 Lombok tahun ini. Adapun hasil rapat kemarin, kepolisian akam memberlakukan sistem buka tutup dan kontra flow.

Terutama pada sejumlah ruas jalan yang akan dilalui para peserta Ironman Lombok. Pertama, pengaturan lalulintas dimulai dari perempatan wilayah Pemenang, Lombok Utara.

Kepala Dispar NTB, Yusron Hadi menerangkan, kegiatan lomba Ironman 70.3 Lombok menggunakan fasilitas jalan raya adalah bersepeda sejauh 90,1 Km dan berlari sejauh 21,1 Km.

Baca Juga:  Persiapan Porprov XI/NTB 2023 Terus Dimatangkan

Dengan rute Hotel Holiday Resort Senggigi Lombok Barat sampai putaran balik Batujai, Lombok Tengah dan kembali ke Hotel Holiday Resort wilayah Lombok Barat.

“Pengaturan lalu lintas akan dimulai dari perempatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara sampai dengan Hotel Holiday Resort dengan sistem selektif prioritas,” ujarnya, Kamis (6/10).

“Yang mana masyarakat dari arah Tanjung dan sekitarnya yang hendak menuju ke Mataram ataupun tujuan akhir perjalanan ke Kawasan Senggigi diarahkan melalui ruas jalan Pusuk,” imbuh Yusron.

Sedangkan masyarakat yang bertempat tinggal dan wisatawan yang menginap diarea sampai dengan Hotel Katamaran diperkenan melintas secara selektif. Penyekatan akan dilakukan diruas jalan sekitar Hotel Jevva Klui, Lombok Utara.

Masih dikatakan Yusron, dari Hotel Holiday Resort menuju ke Hotel Montana kawasan wisata Senggigi, akan diberlakukan sistem penutupan mulai dari pukul 05.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita, dengan sistem selektif prioritas.

Baca Juga:  Ekadana Ajak Berantas Mafia Tanah

Artinya, kata dia, masyarakat umum yang tidak berkepentingan, tidak diperkenankan melintas pada ruas jalan tersebut. Sedangkan dari Hotel Montana Senggigi ke Jembatan Loang Baloq Kota Mataram diberlakukan sistem buka tutup.

Dari Jembatan Loang Baloq sampai dengan putaran balik Batujai Lombok Tengah akan diberlakukan sistem kontra flow. Peserta lomba sepeda akan menggunakan jalur jalan sebelah kanan menuju Giri Menang Square Lombok Barat, jalan bypass BIL sampai dengan putaran balik Batujai, sedangkan jalur kiri diperuntukkan bagi masyarakat umum.

“Untuk kendaraan dari arah Batujai Lombok Tengah ke Giri Menang Square Lombok Barat menggunakan kontra flow. Dengan dari Giri Menang Square menuju Batujai menggunakan jalur kiri,” jelas Yusron.

Baca Juga:  Johan Salurkan Puluhan Ton Bibit Jagung Untuk 9 Kecamatan di Bima

“Begitu juga dari Bundaran Jempong ke Jembatan Loang Baloq menggunakan contraflow dengan kendaraan dari Loang Baloq ke Bundran Jempong,” imbuh mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) NTB ini.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pengaturan lalu lintas ini dapat dijadikan perhatian bersama serta mendapat dukungan dari semua pihak. Sehingga penggunaan rute lomba Ironman 70.3 Lombok dapat berjalan aman dan lancar.

Yusron pun lantas mengucapkan terimakasih dan sangat berharap agar seluruh elemen masyarakat dapat turut serta mensukseskan gelaran kejuaraan dunia Triathlon Ironman 70.3 Lombok tahun ini.

“Terimakasih atas perhatian dan dukungan yang luar biasa dari semua termasuk masyarakat, sehingga penggunaan rute lomba dapat berjalan dengan aman dan lancar,” demikian ucap mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB tersebut. (red) 

Artikel sebelumyaDinas Perindustrian NTB Tingkatkan Produk Tembakau Non Rokok
Artikel berikutnyaTaufik Terpilih Jadi Ketua FK2D Sumbawa