NASIONAL

Berikan Bantuan Bank Sampah, DPRD Kota Bima Apresiasi Perhatian HMS

Anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dari Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, H Muhammad Syafrudin, ST., MM saat menerima kunjungan rombongan DPRD Kota Bima di Jakarta. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pimpinan serta anggota DPRD Kota Bima, belum lama ini bertolak ke Jakarta. Ini dalam rangka kunjungan kerja untuk menindak lanjuti aspirasi masyarakat di Kota Bima.

Dinilai pentingnya aspirasi masyarakat ini untuk disampaikan, maka rombongan DPRD Kota Bima mendatangi DPR RI. Kedatangan mereka disambut langsung oleh H Muhammad Syafrudin (HMS).

HMS adalah anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) jebolan Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa. Dikesempatan ini, pihak DPRD Kota Bima menyampaikan sejumlah hal. Antara lainnya persoalan terkait kelautan, kehutanan dan lingkungan.

Ketua DPRD Kota Bima Pawan, mengaku bangga dan bahagia dengan adanya HMS sebagai wakil rakyat Pulau Sumbawa di Senayan. Terlebih dalam membantu setiap persoalan yang dihadapi masyarakat di Kota Bima khususnya, Pulau Sumbawa umumnya.

Dia menilai sikap HMS paturlt diapresiasi. Karena persoalan dari aspirasi masyarakat di Kota Bima, langsung ditindaklanjutinya pada saat itu juga. “Alhamdulillah, (HMS) langsung menanggapi pada saat itu juga untuk mencarikan solusinya,” ujarnya.

“HMS kebanggaan kami dan dia sosok yang peduli atas kepentingan masyarakat banyak. Berbagai kepentingan lainnya disampaikan pada saat pertemuan dengan beliau di Jakarta,” imbuhnya.

Menurut dia, dengan adanya HMS di Senayan dirasakannya sangat membantu memperjuangkan kepentingan masyarakat Pulau Sumbawa umumnya, Bima khususnya ditingkat pusat.

“Dengan adanya keterwakilan kita di Senayan dapat membantu untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat melalui pemerintah pusat,” demikian Ketua DPRD Kota Bima sembari mengapresiasi kinerja nyata HMS.

BANK SAMPAH UNTUK KOTA BIMA

Sementara itu, anggota DPR RI dari Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H Muhammad Syafrudin (HMS) juga menyampaikan terimakasih kepada pihak pemda sekaligus pimpinan dan anggota DPRD Kota Bima yang telah berkunjung ke DPR RI di Fraksi PAN.

“Saya dalam hal ini selaku anggota DPR RI perwakikan Pulau Sumbawa berterimakasih atas kunjungannya,” kata HMS. Menurut dia, dikesempatan pertemuan itu, ada banyak hal aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui DPRD Kota Bima kepada dirinya.

Antara lainnya seperti persoalan kelautan, kehutanan dan lingkungan. “Khusus (soal) lingkungan saya langsung menanggapi. Karena ada permintaan dari masyarakat terkait proses pembuangan dan daur ulang sampah,” kata kepada NUSRAMEDIA, Minggu malam (14/5) kemarin.

“Saya langsung menghubungi pemerintah pusat melalui Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Saya minta agar bisa dialokasikan Bank Sampah di Kota Bima,” sambung HMS menerangkan.

Ini, masih kata pria yang juga lebih dikenal dengan panggilan Rudy Mbojo itu, dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mengelola sampah. Sehingga, sampah tidak menjadi masalah bagi masyarakat.

“Tetapi (sampah) justru menjadi hal yang meemberikan dampak baik dan manfaat bagi masyarakat. Ini walaupun kita tahu tidak gampang menjadikan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat,” katanya.

“Minimal aroma yang ditimbulkan (akibat sampah) tidak mengganggu masyarakat disekitar. Ini penting, agar bisa kita sadari bersama. Oleh karenanya, saya langsung ke pemerintah pusat memberikan aspirasi berupa Bank Sampah,” tegasnya.

Dia berharap, dengan adanya Bank Sampah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kota Bima dalam mengelola sampah. “Ini penting supaya bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” tutur HMS.

Persoalan sampah, menurutnya menjadi penting untuk dijadikan perhatian bersama. Dimana butuh kesadaran yang dimulai dari diri sendiri demi pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Maka dari itu, dinilai HMS, pentingnya edukasi.

“Harus kita sadari dan edukasi bersama, bagaimana pembuangan samlah agar tidak mengganggu masyarakat disekitar. Baik itu pada saat waktu pembuangan ataupun pengambilan (sampah),” demikian HMS. (red)