NASIONAL

Fraksi PKS MPR RI Gandeng LATS Gelar Lokakarya Akademik di Sumbawa

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa yang Sekretaris Fraksi PKS MPR RI, H. Johan Rosihan, ST. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) MPR RI menggandeng Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) menggelar Lokakarya Akademik.

Kegiatan yang mengangkat tema “Penguatan Sistem Demokrasi Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika” itu berlangsung di Hotel Grand Samota, Sumbawa, Senin (11/9/2023).

Menurut Sekretaris Fraksi PKS MPR RI, Johan Rosihan, bahwa melalui kesempatan itu secara bersama mereka menggali nilai-nilai demokrasi.

Terutama dalam prikehidupan tau dan tana samawa (orang dan tanah sumbawa). “Acara ini dimaksudkan agar tersusun rangkaian nilai-nilai 4 pilar,” kata Johan Rosihan.

“Dalam keseharian adat Sumbawa berbentuk risalah untuk memperkaya khazanah kebudayaan Indonesia sekaligus pewarisan nilai kepada generasi muda Sumbawa,” sambungnya.

Johan Rosihan yang juga anggota DPR RI jebolan asal Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa itu pula mengaku sangat senang bisa duduk bersama dalam kesempatan ini.

Karena, menurut dia, banyak hal positif yang disampaikan oleh para tokoh di Sumbawa. Terutama dalam memberikan masukan serta harapannya untuk Sumbawa lebih baik kedepannya.

“Senang mendengar masukan dan harapan-harapan para tokoh kita untuk Sumbawa kedepan,” demikian dikatakan Johan Rosihan yang juga anggota Komisi IV DPR RI ini.

Sekedar informasi, acara ini dihadiri Perwakilan Pejatu LATS dan Perwakilan LATS Kecamatan se-Kabupaten Sumbawa. Adapun sebagai narasumber, yaitu Dr. Ikhsan Safitri selaku Ketua LATS sekaligus Kepala Dinas Dikbud Sumbawa.

Kemudian Wahyudin Latief selaku salah seorang Budayawan sekaligus anggota Dewan Pakar PKS Kabupaten Sumbawa. Sebelumnya, acara itu diawali pula dengan sambutan oleh Rika Halimah dari Kesekjenan MPR RI.

Selanjutnya sambutan dari Ketua Fraksi PKS MPR RI Ir. Tifatul Sembiring yang diwakili oleh Sekretaris Fraksi PKS MPR RI, H. Johan Rosihan yang membuka acara Lokakarya Akademik F-PKS MPR RI tersebut. (red)