NASIONAL

HMS Berangkatkan Lima Petani Milenial Pulau Sumbawa Magang ke Taiwan

Dr. H. Muhammad Syafrudin (HMS) kini tengah mengupayakan untuk memberangkatkan lima (5) orang petani milenial asal Pulau Sumbawa magang ke Taiwan. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Dr. H. Muhammad Syafrudin (HMS) kini tengah mengupayakan untuk memberangkatkan lima (5) orang petani milenial asal Pulau Sumbawa magang ke Taiwan.

Anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa itu mengungkapkan, bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Komisi IV DPR RI terus bekerjasama meningkatkan kesejahteraan petani.

“Indonesia dan Taiwan melakukan kerjasama bidang pertanian. Terutama pada pemberdayaan petani di tanah air,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) kelahiran asal Bima ini.

“Karena Negara taiwan memiliki keunggulan di bidang pertanian, terutama dalam hal benih,” sambung pria yang juga kerap disapa Rudhy Mbojo ini. Dia juga menjelaskan keberangkatan 5 petani milenial Pulau Sumbawa ini.

Baca Juga:  Johan Rosihan Nilai Pemerintah Gagal Dalam Hal Produksi dan Tata Kelola

Dimana mereka akan magang di Taiwan selama satu tahun lamanya. “Kebanggaan tersendiri bagi saya. Lima petani dari Pulau Sumbawa itu, saya minta khusus kepada Pemerintah Taiwan agar petani Pulau Sumbawa dapat ikut serta dalam kegiatan tersebut,” tuturnya.

Disebutkan HMS, lima petani milenialbitu diantaranya berasal dari Bima dua orang, dan tiga orang lainnya dari Sumbawa. “Saya minta peserta jaga nama baik bangsa selama berada di negeri orang,” pintanya.

Dia berharap, sepulangnya mereka ke tanah air, nantinya pengalaman yang telah diperoleh selama di Taiwan dapat dikembangkan di daerah.

Program magang ke Taiwan ini merupakan kedua kalinya. Dimana sebelumnya ada 5 petani juga sudah diberangkatkan untuk belajar bertani selama satu tahun di Taiwan.

Baca Juga:  Johan Rosihan Nilai Pemerintah Gagal Dalam Hal Produksi dan Tata Kelola

“Ini merupakan kerjasama Kementerian Pertanian RI dengan Kuasa Usaha Pemerintah Taiwan di Indonesia. Sebelum berangkat peserta diseleksi ketat,” ungkap HMS.

“Baik administrasi maupun fisik. Dengan harapan, mereka benar-benar menggunakan waktu satu tahun tersebut untuk menguasai tehnik bertani yang moderen,” demikian hal itu disampaikan HMS.

Salah seorang peserta petani milenial yang memperoleh kesempata magang ke Taiwan yakni Muslim asal Desa Boro, Kecataman Sanggar, Kabupaten Bima mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada HMS.

Ia mengapresiasi upaya anggota DPR RI tiga periode itu lantaran telah mengupayakan para petani milenial Pulau Sumbawa bisa mendapatkan kesempatan magang ke Taiwan.

Baca Juga:  Johan Rosihan Nilai Pemerintah Gagal Dalam Hal Produksi dan Tata Kelola

“Alhamdulillah, tentu kami merasa bangga bisa magang ke Taiwan. Sebagai duta petani milenial, setelah melalui proses hingga kami diminta ke Malang. Semua itu berkat perjuangan HMS sebagai anggota DPR RI,” katanya.

Ditegaskan, bahwa sebagai petani muda, ia berkomitmen membangun sektor pertanian dalam mewujudkan kedaulatan pangan diwilayah Kabupaten Bima. “Tentunya setelah pulang kami akan berkontribusi yang lebih luas untuk daerah atau wilayah NTB,” ujarnya.

“Kita selaku duta petani milenial ingin mendampingi para petani. Agar petani bisa meningkatkan hasil panen serta bisa mengelola hasil panen supaya bisa meningkatkan perekonomian. Semoga program ini bisa berkelanjutan,” tutupnya. (red)