NASIONAL

Juara 3 Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Bung Karno, Johan Rosihan : “Alhamdulillah Semarak, Selamat Kepada Sofian Hadi”

Anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, H. Johan Rosihan, ST (HJR) saat menghadiri grand final lomba baca teks proklamasi mirip Bung Karno di Bali. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Diketahui bersama, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPR RI tengah menggelar Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Bung Karno untuk Season Enam (6) Tahun 2023.

Setelah berlangsung beberapa waktu dan para peserta bersaing ketat, kini hasil penentuan diumumkan secara terbuka. Acara pengumuman sekaligus penutupan lomba tersebut berlangsung di Bali.

Yakni tepatnya di Swiss Belhotel Tuban, Badung, Provinsi Bali pada Selasa 22 Agustus 2023. Hadir dikesempatan ini, anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, Johan Rosihan.

Kehadiran Johan Rosihan ini, juga dalam rangka turut mendampingi Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al-Jufri dan lainnya.

“Kunjungan kami ke Bali adalah untuk menghadiri acara penutupan Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Bung Karno yang diselenggarakan F-PKS beberapa waktu lalu,” ungkap Johan Rosihan, Selasa (22/8/2023).

Dia mengungkapkan, grand final lomba baca teks proklamasi mirip Bung Karno di Bali berjalan aman dan lancar sesuai yang diharapkan bersama. “Alhamdulillah, lancar dan semarak,” ungkap Johan Rosihan.

Perwakilan dari NTB, ungkap pria yang duduk di Komisi IV DPR RI itu, nerhasil meraih juara 3 pada lomba tersebut. Johan Rosihan pun lantas memberikan selamat kepada para pemenang, wabilkhusus dari NTB.

“Selamat kepada dinda Sofian Hadi (Warga Asal Lombok Barat, NTB) Perwakilan NTB yang keluar sebagai juara 3 pada acara ini,” ucap Legislator PKS di Senayan kelahiran asli Sumbawa tersebut.

Menurut Johan Rosihan, melalui lomba pidato membaca teks proklamasi mirip Bung Karno dapat menjaga jiwa dan semangat kebangsaan terutama bagi pemuda sebagai generasi bangsa. Oleh karenanya, peserta lomba pidato membaca teks proklamasi mirip Bung Karno melibatkan generasi muda.

Ketua DPP Bidang Pembinaan Wilayah (BPW) Bali-Nusra tersebut mengatakan pihaknya terus melakukan upaya memperkokoh nasionalisme. “Fraksi PKS melakukan upaya-upaya terus bagaimana supaya nasionalisme ini makin kokoh,” kata Johan Rosihan.

Dia menyebutkan, bahwa ajang ini rutin diadakan setiap tahun. “Fraksi PKS melakukan terobosan-terobosan. Kita lakukan juga setiap tahun sebagai bentuk nyata bagaimana PKS dan Fraksi PKS berupaya keras agar negara Indonesia menjadi negara yang maju, berdikari, berdaulat secara politik dan ekonomi,” tuturnya.

Menurut Johan Rosihan, kegiatan semacam ini selain menumbuhkan rasa nasionalisme, juga mengasah kemampuan dan mental para pemuda NTB, termasuk di Pulau Sumbawa dalam berkompetisi. “Ini dampak positifnya sangat luas,” tuturnya.

Sambutan positif dari masyarakat terhadap kegiatan yang sudah keenam kalinya diselenggarakan tersebut menjadi bukti bahwa kegiatan yang diinisiasi oleh PKS berdampak baik. “Baru Fraksi PKS yang melaksanakan lomba pidato membaca teks proklamasi mirip Bung Karno,” kata Johan Rosihan.

Peserta lomba berasal dari Pulau Sumbawa terlebih dahulu mengirim dalam bentuk video, kemudian dari hasil seleksi mereka itulah mengikuti kegiatan tingkat nasional.

Johan berharap, semua pemuda Pulau Sumbawa memiliki semangat yang sama untuk bekerjasama membangun Pulau Sumbawa melalui berbagai prestasi. “Bukan tentang menang atau kalah, tapi tentang keberanian dalam berjuang,” tutup Johan Rosihan. (red)