OLAHRAGA

Pengprov Ferkushi NTB Dilantik, Hj Asni : “Kami Akan Bekerja Cepat dan Tepat”

178
Pelantikan Pengurus Provinsi Ferkushi Nusa Tenggara Barat. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Nusa Tenggara Barat masa bhakti 2022-2026 resmi dilantik, Jum’at (28/10) kemarin, di Gedung Sangkareang lingkup Kantor Gubernur NTB.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ferkushi, Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin. Turut hadir, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kepala Dispora NTB Tri Budi Prayitno, Sekretaris KONI NTB M Nur Haedin dan lainnya.

Salah satu pejabat dilingkup Pemprov NTB, yaitu Asnirawati kini dipercayakan menahkodai Pengprov Ferkushi NTB. Perempuan yang kerap disapa Hj Asni itu menegaskan, pihaknya akan siap memajukan cabang olahraga (cabor) Kurash di bumi NTB.

Baca Juga:  Kejuaraan Sepak Takraw Gubernur NTB Cup II 2022 : Sumbawa Borong Juara

Bahkan, kata dia, juga segera membentuk kepengurusan cabang ditiap Kabupaten/Kota lingkup NTB. “Kami akan bekerja cepat dan tepat untuk membesarkan Kurash di NTB. Ini tentu membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder juga,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PB Ferkushi Abdul Hafil Fuddin mendorong pihak Pengprov harus mampu berprestasi. Tak kalah pentingnya juga, ia berharap Pengprov Ferkushi NTB dapat melahirkan atler kurash yang berkualitas serta mampu bersaing di level nasional maupun internasional.

“Kurash ini olahraga yang usianya lebih tua dari Judo. Kurash berasal dari Uzbekistan, dan kurash mulai masuk ke Indonesia pada 2016-2019. Sejak saat itu, sudah ada 25 Pengprov yang terbentuk. Pengprov Ferkushi NTB menjadi provinsi ke 24 yang terbentuk. Dan Banten menjadi provinsi ke 25. Sudah ada SK kepengurusannya, (tinggal) akan dilantik segera,” ungkapnya.

Baca Juga:  Gempur Rokok Ilegal di NTB, Bang Zul : "Jangan Galak-Galak"

Menurut dia, PB Ferkushi terus melakukan pengembangan jaringan organisasi. Yaitu mulai dari pusat hingga tingkat kabupaten/kota sekalipun, dengan target menjadikan kurash sebagai cabang perlombaan di semua level kejuaraan olahraga multievent. “Pengprov harus segera membentuk kepengurusan ditingkat kabupaten/kota,” tekannya.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengaku sangat senang melihat berbagai cabor mulai gencar membenahi diri. Terlebih NTB bersama NTT akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 mendatang. “Kita akan jadi host PON 2028,” katanya.

Baca Juga:  Persiapan Porprov XI/NTB 2023 Terus Dimatangkan

“Kami yakin, perjalanan panjang dimulai dengan langkah pertama. Salah satunya, dengan hadirnya cabor Kurash di NTB,” kata Bang Zul kerap orang nomor satu di NTB itu disapa. Oleh karenanya, Gubernur menegaskan, Pengprov Ferkushi NTB diharapkan dapat segera bekerja dan membesarkan kurash di NTB.

Sekedar informasi, Kurash adalah jenis olahraga beladiri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Olahraga Kurash berasal diwilayah Tatarstan Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan. (red) 

Artikel sebelumyaGandeng PUTRI, BPPD NTB Gelar Jungle Jazz di TWA Suranadi
Artikel berikutnyaBank NTB Syariah Raih Predikat Stand Terinovatif