HEADLINE

Jalani Pemeriksaan Perdana, Fihiruddin Ancam Lapor Balik Isvie Rupaeda

99
Direktur Logis M Fihiruddin didampingi para kuasa hukukmnya usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimus Polda NTB. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Direktur Lombok Global Institut (Logis) M Fihiruddin menjalani pemeriksaan perdana dalam kasus Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) di Ditreskrimsus Polda NTB, Senin (21/11).

Ia diperiksa sebagai terlapor atas dugaan Pasal 28 Ayat (2) UU ITE. Yakni dugaan penyebaran informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan terkait Suku, Agama, Ras, Antargolongan (SARA).

Berdasarkan pantauan media, Fihiruddin datang sekitar pukul 14.30 Wita didampingi sejumlah kerabat dan tujuh kuasa hukumnya di Cyber Crime Ditreskrimsus Polda NTB. Fihir keluar menjalani pemeriksaan sekitar pukul 15.27 Wita.

Menurut Kuasa Hukum Fihiruddin, Evazainorah, bahwa dalam pemeriksaan itu, Direktur Logis mendapat sebanyak 23 pertanyaan oleh penyidik. “Ada sekitar 23 pertanyaan,” ujarnya.

“Masih bersifat klarifikasi soal ‘kabar angin’ (terkait postingan di WhatsApp Group),” imbuhnya. Pihaknya juga menegaskan, bakal mengawal kasus tersebut. “Kami fokus pada penyidik untuk melihat itu,” katanya.

Baca Juga:  Mori Hanafi Maju DPR RI?

LAPOR BALIK

Disisi lain, kuasa hukum Fihiruddin juga berencana akan melapor balik Baiq Isvie Rupaeda yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD NTB ke pihak kepolisian. Ini terkait atas dugaan pembohongan publik.

Karena, kata Evazainorah, Baiq Isvie Rupaeda selaku pelapor menurut keterangan penyidik bertindak atas nama pribadi dan bukan lembaga DPRD saat melapor. “Bersifat perorangan,” katanya.

“Berdasarkan aduan yang disampaikan Bu Isvie, bukan atas nama lembaga, tapi pribadi. Jadi kita akan laporkan (dugaan) penyebaran berita bohong. Karena aduan itu meresahkan aktivis, lembaga DPR dibawa-bawa,” imbuhnya.

Berkaitan dengan materi pelaporan balik, Evazainorah menegaskan, pihaknya akan menyiapkan sesegera mungkin. “Materi laporan, Insya Allah kita siapkan malam ini (kemarin). Kita lapor balik, (soal) ITE juga,” pungkasnya.

DEMI KEBAIKAN

Sebelumnya, DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat resmi melaporkan M Fihiruddin ke Kepolisian Daerah (Polda) NTB. Adapun bukti pelaporan ini yaitu Nomor : TBLP/173/X/2022/Ditreskrimsus.

Baca Juga:  Gubernur Buka Kejuaraan Sepak Takraw Antar Pelajar SMA/SMK se-NTB

Laporan ini dilakukan, karena bersangkutan tidak menghiraukan surat somasi DPRD NTB.
Ketua DPRD Provinsi NTB, Baiq Isvie Rupaeda menegaskan, laporan kepada pihak kepolisian itu merupakan kesepakatan bersama Pimpinan dan Fraksi di Udayana.

“Iya benar (pelaporan), kan kita sudah kasi waktu dia 2 X 24 jam untuk menjawab somasi, meminta maaf dan mengklarifikasi, tetapi tidak ada, tidak datang,” ujarnya.
“Makanya kita lakukan itu demi persahabatan dan kebaikan,” imbuh politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut, Selasa 18 Oktober 2022 lalu.

Isvie Rupaeda meminta semua pihak untuk saling memaklumi terkait upaya pihaknya yang menempuh jalur hukum. Ini, kata dia, demi menjaga marwah lembaga DPRD NTB.
Maka dari itu, pihaknya meminta Fihiruddin untuk membuktikan hal terkait dipersidangan.

Baca Juga:  Johan Rosihan Siap Dukung Komoditas Lokal di Pulau Sumbawa

“Kita ingin saudara Fihir membuktikan ucapannya, kan dia bilang itu fakta,” katanya. “Kita mau kebenaran untuk dibuktikan secara hukum. Ukuran kebenaran itu kan tidak bisa atas dasar subjektivitas masing-masing, biarkan hukum bekerja, supaya kondusiflah,” tambah Isvie Rupaeda.

Lebih jauh, jika nanti dalam persidangan Aparat Penegak Hukum (APH) meminta DPRD NTB untuk melakukan pembuktian dengan tes urine atau sejenisnya, pihaknya mengaku siap. “Kalau memang nanti kami diminta oleh Polda untuk melakukan pembuktian dengan test urine, kami akan laksanakan,” tegas Ketua DPRD NTB tersebut.

“Pernyataannya makin menjadi-jadi. Dari pada ribut diluar, kami manempuh jalur hukum,” jelasnya. Sekedar informasi, M Fihiruddin sebelumnya dilaporkan lantaran bertanya melalui WA Group terkait rumor tiga oknum DPRD NTB yang diduga terciduk narkoba saat kunjungan kerja di Jakarta. (red) 

Artikel sebelumyaPorprov XI NTB Dipastikan Terlaksana Februari 2023
Artikel berikutnyaWagub NTB Ajak Tingkatkan Kolaborasi