NASIONAL

MXGP 2023 Sukses, NTB Akan Gelar Balap Motorcross Nasional

Sukses dengan gelaran MXGP Samota dan Selaparang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akan menggelar ajang balap motocross kelas nasional dalam waktu dekat ini. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Sukses dengan gelaran MXGP Samota dan Selaparang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akan menggelar ajang balap motocross kelas nasional dalam waktu dekat ini.

Yaitu Lombok-Sumbawa Motocross Competition 2023 mulai dari tanggal 24 sampai dengan 26 November mendatang. Untuk mensukseskan event itu, Pemprov melalui Dinas Pariwisata NTB berkolaborasi.

Yakni Dinas Pariwisata menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI). Dimana telah melaunching event tersebut di Gedung Sarinah, Jakarta pada Rabu (8/11/2023) lalu.

Momen ini nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan roadshow ke empat (4) kota besar di Indonesia, termasuk di Jakarta. Hadir pada event launching, Plt Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf RI, Ni Komang Ayu Astiti.

Ia mengapresiasi pemerintah NTB dan pihak IMI serta seluruh stakholder terkait yang terlibat pada event Lombok-Sumbawa Motocross Competition 2023 ini. Menurut dia, ini sebuah langkah tepat memperkuat posisi NTB.

Baca Juga:  Kementerian PUPR Bangun Rusun ASN di Bengkel

Terlebih sebagai Sport Tourism Destination di Indonesia, khususnya diajang Motor Sport dan Motocross. “Kami juga mengapresiasi semua pihak di NTB dan stakeholder yang lain, sehingga banyak event yang terlaksana dengan baik di Nusa Tenggara Barat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady menyampaikan harapannya. Dimana pelaksanaan Event Lombok-Sumbawa Motocross 2023 dapat memberikan dampak positif nantinya. Terutama dalam perkembangan perekonomian mssyarakat di Indonesia, khususnya NTB.

“Warga dari luar juga akan banyak menonton event ini nantinya. Tentu ini akan berdampak sangat baik bagi sektor pariwisata kita di Provinsi Nusa Tenggara Barat,” kata mantan Kepala Dinas Perkim NTB ini.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi NTB menggelar Roadshow bertajuk “Kick Off Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023″ ke 4 kota besar di Indonesia yang dimulai dari Jakarta kemudian berlanjut ke Kota Bandung,” imbuhnya.

Baca Juga:  Muhammad Amri Akbar Nyalon Ketum PP KAMMI

Ditambahkan Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Leja Kodi bersama anggota UPK BPPD NTB, M Ali Akbar mengatakan pemilihan Jakarta sebagai lokasi launching adalah sebuah keputusan yang sangat cerdas.

“Mengingat Lombok-Sumbawa Motocross Competition 2023 merupakan ajang motocross Nasional, melakukan promosi langsung ke kota-kota besar di tanah air adalah langkah cerdas,” ujarnya.

“Tujuannya tentu untuk menarik minat penonton dari keempat kota besar yang dikunjungi tersebut,” tambah Leja Kodi yang turut diamini oleh M Ali Akbar. Dijelaskan pula, bahwa kegiatan Roadshow Kick Off Lombok-Sumbawa Motocross Competition juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya NTB.

“Antara lainnya seperti Tari Gandrung dan Gendang Beleq yang tentunya sangat bagus untuk memperkenalkan keunikan seni dan Budaya Provinsi Nusa Tenggara Barat,” jelas Ali Akbar menambahkan.

Baca Juga:  Kementerian PUPR Bangun Rusun ASN di Bengkel

Roadshow Kick off Lombok Sumbawa Motocross 2023 juga akan digelar di Jogja dan Surabaya sebagai penutup. Adapun pertimbangan pemilihan ke 4 Kota tersebut sebagai destinasi Roadshow.

Sebagaimana dikatakan Jamaluddin Malady sebelumnya, ini karena banyaknya komunitas crosser dan penggemar Motocross di kota-kota tersebut. “Lombok Sumbawa Motocross 2023 yang akan berlangsung pada 24-26 November ini juga merupakan ajang promosi Pariwisata NTB,” tegasnya.

“Dan untuk memperkuat identitas pulau Lombok dan Sumbawa sebagai Sport Tourism destinations,” sambung Kepala Dispar NTB kelahiran asal Sumbawa tersebut. Ajang ini rencananya akan diikuti oleh para crosser terbaik Indonesia.

Oleh karenanya, lebih jauh dikatakan Jamaluddin Malady, bahwa Race Tohpati Circuit Sayang-Sayang, Kota Mataram akan menjadi saksi dari aksi menegangkan para pembalap tersebut. (red)