NASIONAL

Pemda Sumbawa Siapkan Dua Sumber Air Bersih

169
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya

NUSRAMEDIA.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa terus melengkapi segala fasilitas dalam rangka mendukung pelaksanaan MXGP Samota 2022. Salah satunya adalah, berkaitan dengan air bersih. Dimana telah menyiapkan dua sumber air bersih yang dapat dimanfaatkan nantinya.

Demikian dikatakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya, Kamis (12/5) di Sumbawa. “Kalau sumber kita ada dua sumber air tawar, di lokasi lahan sebelah barat dan lokasi lahan sebelah timur,” ungkapnya.

Sumber mata air ini diperkirakan memiliki kapasitas 1,2 liter/detik. “Kapasitasnya sekitar cuma 1,2 liter perdetik,” ujarnya. “Nah, itu bisa kita manfaatkan nanti pada malam hari untuk mengisi bak-bak itu, sehingga tidak mengganggu,” imbuhnya.

Menurut dia, nantinya kebutuhan air minum diprediksikannya akan banyak. Sebab, cuaca dikawasan sirkuit cukup panas. “Kalau saya malah kebutuhan air minum yang paling banyak nanti. Karena disitu cuacanya cukup panas. Kalau sekedar untuk toilet, untuk UMKM tidak seberapa,” katanya.

“Justru air minum yang di butuhkan. Nah kalau air minum itu sudah pasti tidak mungkin dari keran kan ada air botol itu lah nanti peran masyarakat kita,” tambahnya. Air bersih dilokasi MXGP Samota akan ditampung menggunakan bak penampungan berkapasitas 2.500 sampai 5.000 liter.

“Terkait dengan air bersih intinya adalah bagaimana kita menampung air-air itu di bak air dari ya kapasitas 2.500 sampai 5.000,” ujarnya. “Karena disitu kita syukur Alhamdulillah topografinya bisa mendukung kita taruh di ketinggian nanti secara gravitasi akan dihitung,” lagi kata Suharmaji.

Lebih lanjut ditegaskannya, sebagai tuan rumah, Kabupaten Sumbawa sendiri menyatakan kesiapan teramat. “Kalau katakan siap kita sudah siap sebenarnya cuma persoalannya sekarang kan lokasi-lokasi itu di luar sirkuit untuk UMKM ada untuk toilet untuk masyarakat semuanya,” jelasnya.

“Kalau untuk titik itu bisa saja di dalam sirkuit itu ada 10 titik, bisa saja di luar sirkuit nanti sesuai dengan kebutuhan,” ucapnya lagi. Sementara untuk fasilitas internet, lanjutnya sudah siap sejak sebulan lalu. “Telkom sebulan yang lalu sudah masuk ke lokasi dan sudah di uji coba di lokasi tinggal sekarang memperbesar kapasitas,” tegasnya.

“Karena yang diminta oleh tim adalah 50 MB di lokasi jaringan sudah masuk. Nah, itukan sekarang untuk yang contoh saja yang di sea side sekarang internet sudah bagus,” demikian Suharmaji menambahkan sembari menegaskan kesiapan terkait jaringan internet. (red) 

Artikel sebelumyaJembatan Putus di Pemoles, Gubernur NTB : “Pastikan Segera Dibenahi”
Artikel berikutnyaGubernur NTB : “Bukan Norak, Tapi Wajar”