PEMERINTAHAN

Desa Pernek dan Kalabeso Kini Punya Kades Baru

140

NUSRAMEDIA.COM — Setelah dilakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (Pilkades PAW) pada Senin (12/9) kemarin, kini Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu dan Desa Kalabeso Kecamatan Buer memiliki Kepala Desa (Kades) baru.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Pemerintah Desa DPMD setempat, Anhuyas kepada wartawan.

Dikatakan pria yang kerap disapa Ucas ini, bahwa Pilkades PAW itu digelar karena Pejabat Kepala Desa Pernek sebelumnya Saguni dan Kepala Desa Kalabeso Syarafuddin meninggal dunia. “Alhamdulillah, Pilkades PAW yang dilaksanakan di Desa Pernek dan Desa Kalabeso berjalan lancar,” ujarnya.

Baca Juga:  Dinilai Ideal Rp2,3 Juta, DPRD NTB Sambut Baik UMP 2023

Adapun Kades Pernek terpilih, ungkapnya, yaitu Abdul Majid dengan perolehan 115 suara. Sementara diurutan kedua Sapriadi meraih 97 suara. Total ada 213 pemilih dengan 1 suara batal.

Untuk Kades Kalabeso terpilih yakni Sirajudin dengan memperoleh 86 suara. Disusul oleh Herman pada urutan kedua dengan 54 suara dan Lutfi Ali dengan 19 suara diposis ketiga. Total ada 169 hak pilih di Pilkades Kalabeso dengan 6 suara tidak sah atau suara batal dan 4 orang tidak memberikan suara.

Baca Juga:  Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di NTB, Ridwan Syah : "Berkat Dukungan dan Sinergi Semua Pihak"

“Untuk pemilihnya merupakan keterwakilan dari para tokoh yang ada di desa setempat. Contohnya, seperti tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, perempuan, pengerajin, tokoh agama dan lain sebagainya,” terang Ucas.

Setelah pelaksanaan Pilkades ini akan dilanjutkan dengan penetapan atau pengesahan Kades terpilih melalui musyawarah desa oleh BPD. Kemudian pelaporan hasil pemilihan oleh panitia kepada BPD, dan BPD akan menyampaikan kepada Bupati Sumbawa.

Setelah itu penerbitan surat keputusan (SK) oleh Bupati Sumbawa dan dilanjutkan pelantikan Kades terpilih. “Pengesahan dan pelantikan oleh Bupati Sumbawa dijadwalkan 16 sampai 27 November 2022. Kades terpilih aktif bekerja setelah dilakukannya pelantikan ini,” pungkasnya. (red) 

Baca Juga:  Mengarah Nol Kasus, PMK di NTB Berhasil Dikendalikan
Artikel sebelumyaDua Raperda Disetujui Jadi Perda
Artikel berikutnyaKhairul Rizal Dorong Event Diperbanyak