HEADLINE

Pra PON Wilayah IV Cabor Bulutangkis Resmi Dibuka

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Nusa Tenggara Barat, Alfian Eikman. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Ajang Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) Wilayah IV Cabang Olahraga (Cabor) Bulutangkis resmi dibuka dan diselenggarakan dari 19-23 Agustus 2023 di GOR Warna Agung Kota Mataram.

Untuk diketahui, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sendiri menjadi tuan rumah pelaksanaan Pra PON untuk Wilayah IV Cabor Bulutangkis. Dimana ada sejumlah provinsi yang akan berlaga di GOR tersebut.

Diwilayah IV ini, NTB masuk bersama NTT, Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara. Sedangkan untuk Wilayah I mencakup DKI Jakarta, Sumsel, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

Kemudian wilayah II meliputi Jawa Barat, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat. Untuk wilayah III terdiri dari Jawa Tengah, Jogjakarta, Banten, dan Bali. Wilayah V mencakup Jawa Timur, Kalsel, Kaltim, Kaltara, Kalteng, dan Kalbar.

Baca Juga:  LPK Harus Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

Sedangkan untuk wilayah VI terdiri dari Sulsel, Sulut, Sultra, Sulteng, Sulbar, dan Gorontalo. Mereka beradu taktik dan strategi untuk bisa meraih tiket sebagai peserta PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Ajang Pra PON Wilayah IV Bulutangkis dibuka oleh Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB M. Nur Haedin mewakili Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi, Sabtu (19/8/2023).

Dalam sambutannya, M Nur Hardin mengungkapkan bahwa selurub provinsi saat ink sedang “bertempur” untuk memperebutkan tiket PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Baca Juga:  924 TPS Ditetapkan Untuk Pilkada Sumbawa

“Pra PON ini menjadi pintu bagi atlet untuk lolos ke PON 2024,” tutur pria yang akrab disapa Edo itu dihadapan para peserta dan tamu undangan lainnya. Tak lupa, ia juga mengapresiasi Pengprov PBSI NTB.

“Terimakasih PBSI NTB yang sudah mempersiapkan seluruh kebutuhan untuk Pra PON ini. Selamat bertanding dan perkuat silaturahmi,” ucapnya.

“Kami yakin Pra PON ini bisa menjadi kompetisi yang sehat dan menghasilkan bibit-bibit atlet bulutangkis berprestasi bagi Indonesia nantinya,” imbuhnya.

Edo juga berharap, seluruh atlet dan perangkat pertandingan tetap sportif dan taat aturan. “Meskipun ajang ini menjadi pertarungan memperebutkan tiket PON,” demikian.

Baca Juga:  Bapemperda Bakal Evaluasi Perda 5 Tahun Terakhir

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) NTB, Alfian Eikman, menegaskan optimis dapat meraih tiket PON Aceh-Sumatera Utara 2024 melalui Pra-PON.

Pada ajang ini, ungkap dia, NTB sendiri menerjunkan sebanyak 14 atlet. Yakni 7 atlet perempuan dan 7 atlet pria. “Ada 14 atlet. Kami targetkan atlet lolos. Banyak faktor yang menunjang target kita,” ujarnya.

Alfian menjelaskan, bahwa faktor NTB sebagai tuan rumah Pra PON juga akan menambah motivasi para atlet untuk berjuang lebih keras lolos ke PON 2024. “Yang pasti kita optimis (lolos),” pungkasnya. (red)