PEMERINTAHAN

Inovasi Camat Moyo Hilir Sukseskan 10 Program Unggulan Mo-Novi

229

NUSRAMEDIA.COM — Deden Fitriyadi selaku Camat Moyo Hilir terus berupaya mendukung dan mensukseskan 10 program unggulan di Pemerintahan Mo-Novi. Salah satu terobosan yang dilakukan, yakni dengan dihadirkannya “Salam Gera” (Sapa Malam Gemilang yang Berkeadaban).

Program Salam Gera ini diresmikan langsung oleh Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah pada Selasa (26/4) dihalaman Kantor Kecamatan Moyo Hilir. Hadir pula Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, H Hasan Basri serta Kepala OPD lingkup Sumbawa.

Deden Fitriyadi Camat Moyo Hilir dalam sambutannya menyampaikan, program ini sudah direncanakan sejak Januari lalu, setelah ia dilantik saat itu. Kemudian ia melakukan koordinasi dan kesepakatan dengan desa yang ada di Kecamatan Moyo Hilir serta mendapatkan dukungan dari pimpinan daerah.

Dikatakan Deden, sesuai dengan Visi-Misi Pemkab Sumbawa Tahun 2021-2026, disebutkan didalam misinya yaitu Sumbawa Bersih dan Melayani. Yakni dengan menciptakan birokrasi pemerintahan yang bersih, cepat dan bermutu, memberikan kepastian serta pelayanan yang cepat dan efisien, melalui salah satu program unggulan pelayanan masyarakat satu pintu di kecamatan.

Baca Juga:  Soal Keterlibatan Pemprov di MXGP, Ketua Komisi DPRD NTB : "Tidak Ada Masalah"

Kemudian pihaknya mencoba mengkreasikannya dengan suatu kegiatan diluar waktu yang ditentukan. Hal ini tentunya berdasarkan pengamatan dilapangan. Dimana masih terdapat masyarakat yang tidak dapat melakukan pelayanan administrasi pada jam kerja normal diakibatkan oleh aktivitasnya yang tidak dapat ditinggalkan di siang hingga sore hari.

Antara lainnya seperti petani, nelayan, pedagang dan lain-lainnya. Yaitu dengan mencanangkan program “Salam Gera”. “Kami bersama pemerintah desa se-Kecamatan Moyo Hilir sepakat untuk melakukan suatu pelayanan yang merupakan terjemahan dari 10 program Bapak Bupati dan ibu Wakil Bupati tersebut melalui kegiatan pelayanan “Salam Gera” di seluruh wilayah Kecamatan Moyo Hilir, mulai dari pelayanan di tingkat pemerintah desa hingga pemerintah kecamatan,” katanya.

Pelayanan Salam Gera ini, terang Deden, akan didukung oleh beberapa OPD/Institusi yang akan melakukan pelayanan pada malam hari tersebut. Seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait pelayanan perekaman/percetakan KTP-El, dan pelayanan adminduk KIA. Kemudian Badan Pendapatan Daerah terkait pelayanan pembayaran SPPT PBB-P2, pemutakhiran data PBB-P2, pendaftaran dan penerbitan kartu NPWPD, dan sosialisasi pajak daerah.

Baca Juga:  Soal Keterlibatan Pemprov di MXGP, Ketua Komisi DPRD NTB : "Tidak Ada Masalah"

Kantor UPTB Unit Pelayanan Pajak Daerah Sumbawa Besar (Samsat Provinsi NTB), dengan pelayanan samsat keliling dan sosialisasi pajak kendaraan bermotor. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan pelayanan perijinannya. Adapun pelaksanaan Salam Gera ini rencananya dilaksanakan satu kali dalam setiap bulannya.

Mulai pukul 17.00 Wita – 18.00 Wita (sore hari) dan dilanjutkan kembali pukul 19.00 – 22.00 Wita (malam hari), baik dari pemerintah desa hingga pemerintah kecamatan. “Rencana dimulainya pelaksanaan salam gera ini adalah pada Minggu ke-3 bulan Mei 2022, dan mohon dukungan pak Bupati dan ibu Wakil Bupati Sumbawa terkait pelayanan Salam Gera ini yang merupakan persembahan dari Kecamatan Moyo Hilir dan seluruh pemerintah desa se-Kecamatan Moyo Hilir sebagai wujud implementasi dari misi dan program pemerintah Kabupaten Sumbawa tahun 2022,” terangnya.

Terhadap program ini pun mendapat respon positif dan dukungan penuh dari Pimpinan Daerah Sumbawa, baik Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa. Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah menyampaikan, inovasi pelayanan yang dicanangkan Kecamatan Moyo Hilir akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan beberapa dokumen sekaligus dalam sekali pengajuan.

Baca Juga:  Soal Keterlibatan Pemprov di MXGP, Ketua Komisi DPRD NTB : "Tidak Ada Masalah"

“Inilah sesungguhnya yang saya sebut sebagai layanan yang membahagiakan rakyat, yaitu layanan yang efektif, efisien, dan gratis”, ujar Bupati. Dia berharap semua Camat dan Kepala Desa untuk terus berinovasi dan melakukan berbagai upaya untuk mengkolaborasikan sistem penjangkauan dan juga sistem pemanfaatan dokumen adminduk.

“Selain meningkatkan perluasan akses kepemilikan dokumen adminduk, pada saat yang sama dokumen tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengakses berbagai program pembangunan, termasuk program bantuan sosial,” tegasnya.

Ditambahkan Haji Mo akrab Bupati disapa, tepat pada 1 tahun masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati Dewi Noviany juga diharapkan 10 program unggulan yang telah dicanangkannya dapat segera terwujud. Karena itu, ia menginstruksikan seluruh jajarannya untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, dan saling menguatkan agar berbagai persoalan di daerah ini terentaskan. (red) 

Artikel sebelumyaBalita di Loteng Ini dapat Bantuan Kursi Roda dari Gubernur NTB
Artikel berikutnyaKolaborasi Sukseskan MXGP, Doktor Najam : Kontribusi Membangun NTB