POLITIK

PDI-P KSB Target Tambah Kursi

133
Ketua DPC PDIP KSB sekaligus Ketua DPRD KSB, Kaharuddin Umar

NUSRAMEDIA.COM — Meski terbilang masih cukup lama, nampaknya sejumlah partai politik (parpol) mulai bersiap menghadapi Pileg 2024 mendatang. Bahkan mulai disibukkan dengan persiapan pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu pada 28 Juli hingga 13 Desember 2022.

Tak terkecuali, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). “Masih fokus persiapan verifikasi, bulan depan hingga akhir tahun (Juli-Desember),” kata Ketua PDI-P Sumbawa Barat, Kaharuddin Umar kepada media ini.

“Saya rasa semua partai sedang sibuk siapkan tahapan ini,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI-P KSB itu. Untuk mempersiapkan tahapan ini, PDI-P secara intensif melakukan konsolidasi bersama seluruh pengurus partai hingga ke tingkat ranting.

“Konsolidasi untuk seluruh jajaran partai, sementara sekolah partai masih untuk DPR RI dan Kepala Daerah saja,” katanya. “Seperti kemarin (beberapa hari lalu) dipanggil semua DPRD seluruh Kabupaten/Kota,” tambah politisi gaek PDI-P ini.

Baca Juga:  Soal Pilihan Politik, Kader Muda NW : "Tarung Bebas Saja"

TARGETKAN ENAM KURSI

Disinggung soal target PDI-P KSB sendiri pada Pileg 2024 mendatang, ia menegaskan bahwa hajat besarnya adalah menambah raihan kursi di DPRD KSB. Partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu menargetkan bakal menambah satu kursi lagi.

Meski saat ini dengan lima kursi saja sudah bisa mengusung pasangan calon untuk Pilkada KSB 2024. “Target kami untuk Pilkada 2024 adalah enam kursi pada Pileg 2024, saat ini ada lima kursi,” kata pria yang kerap disapa Kahar ini.

Ketua DPRD KSB empat periode itu menjelaskan, bahwa penambahan kursi lantaran masih ada satu dapil yang kosong. “Masih ada satu daerah pemilihan lagi yang kosong. Seperti di Dapil tiga (3) Kecamatan Jereweh-Maluk,” ungkap Kahar.

Baca Juga:  PKS Fokuskan Zul Untuk Pilkada

“Jumlah kursi saat ini di dapil satu ada dua kursi, dapil dua ada dua kursi dan dapil tiga baru satu kursi. Dapil tiga ini yang ditambah,” imbuhnya. Langkah apa yang dilakukan untuk meraih target tersebut? Dia menegaskan, pihaknya tengah menyiapkan salah seorang sosok sebagai caleg.

Sayangnya, siapa sosok tersebut pria yang dikenal santun dan ramah itu, masih enggan mengungkapkan siapa jagoan yang disiapkan ini. “Oh jangan masih rahasia, nanti “diculik” sama orang (parpol lain, red),” kata Kahar berseloroh sembari tertawa lepas. “Nanti kita kasih tahu, yang jelas ada dari pengusaha, kader internal dan tokoh umum,” imbuh Kahar.

Baca Juga:  PKS Nyatakan Siap Masuk "Arena"

GERAKAN BAWAH TANAH

Ia juga tak menampik bahwa dirinya juga digadang-gadang akan maju bertarung pada Pemilihan Kepala (Pilkada) KSB 2024. Meski demikian, Kahar masih enggan mengungkapkan untuk posisinya. Yaitu apakah maju sebagai nomor 1 atau 2.

“Kalau bicara satu dan dua, dalam menyambung visi misi bersama pasangan akan sulit,” katanya. “Artinya harus satu paket membangun visi misi, berarti saling menghargai. Contohnya pada Pilkada KSB 2015 lalu, kita (PDI-P) buat satu paket,” tambahnya.

Menyoal kriteria calon pasangan yang siap mendampingi, Kahar masih nampak malu-malu mengungkapkannya. Meski begitu, ia berharap pasangannya kelak dapat sejalan bergandengan membangun Sumbawa Barat. “Kita masih sembunyikan, ini kan kita lakukan gerakan bawah tanah,” demikian Kahar. (red) 

Artikel sebelumyaTingkatkan Pelayanan, Bank NTB Syariah Gelar Pelatihan
Artikel berikutnyaApresiasi Langkah Gebrakan Bang Zul, Sambirang : “Event Itu Mesin Pertumbuhan Ekonomi”