POLITIK

DPC PDIP Sumbawa Buka Pendaftaran Bakal Calon Legislatif

223
Ketua DPC PDI Perjuangan Sumbawa, Abdul Rafiq bersama para pengurus partai lainnya. (Ist)

NUSRAMEDIA.COM — Menghadapi agenda besar 2024 mendatang, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa kini mulai membuka pendaftaran bagi bakal calon legislatif (bacaleg) mulai 19-27 September 2022.

Abdul Rafiq selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Sumbawa menegaskan, pendaftaran bacaleg ini tidak hanya dibuka bagi internal partai, namun juga untuk kalangan masyarakat umum.

Ini merupakan salah satu upaya menjaring bacaleg DPRD Kabupaten Sumbawa, DPRD Provinsi NTB dan DPR RI. Bagi yang berminat bergabung dengan PDIP, ia mempersilahkan untuk mendaftarkan diri.

Baca Juga:  Mori Hanafi Maju DPR RI?

Yakni dapat langsung mendatangi Sekretariat DPC PDI Perjuangan Sumbawa. Dikatakan Abdul Rafiq, pendaftaran tanpa menggunakan mahar. Dimana pihaknya snagat mengedepankan kualitas, kapasitas dan integritas.

“Pendaftaran caleg dipastikan tanpa mahar atau gratis,” kata pria yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa ini. Adapun persyaratan umum, minimal berpendidikan SLTA/SMA dan harus memiliki idiologi partai yaitu idiologo pancasila.

Hal ini, tegas Abdul Rafiq, sesuai dengan perintah DPP PDI Perjuangan. Dalam penjaringan ada pembatasan, salah satunya seperti perwakilan bakal calon perempuan minimum 30 persen.

Baca Juga:  Ummi Rohmi Akhirnya Ungkap Alasan Mundur dari NasDem

“PDI perjuangan adalah partai terbuka bagi siapapun yang memahami ideologi partai. Karena mereka nanti akan menjadi petugas partai,” tutur Abdul Rafiq. Dia berpesan, bagi para kader di daerahnya harus siap berkontestasi.

Yaitu dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Masing-masing bacaleg agar tidak saling bertabrakan apalagi terjadi gesekan dalam mencari dukungan.

“Walaupun harus berkontestasi jangan lupakan kebersamaan dan kekompakan sesama kader partai harus terus dijaga,” pesan pria yang digadang-gadang akan maju sebagai Bupati Sumbawa 2024 mendatang.

Baca Juga:  Mori Hanafi Maju DPR RI?

DPC PDIP Sumbawa menargetkan akan mempertahakan kursi pimpinan. Bahkan Rafiq optimis pihaknya dapat menambah jumlah kursi anggota di DPRD Kabupaten Sumbawa dari sebelumnya berjumlah 6 kursi dari 5 dapil yang ada tersebut.

“Ini jembatan kita untuk Pilkada, sehingga kita harus mencapai target itu. Saya berharap semua kader PDIP harus kuat dan solid,” demikian Abdul Rafiq menambahkan. (red) 

Artikel sebelumyaTersisa Dua Ranperda Dituntaskan
Artikel berikutnyaEmpat Tahun Zul-Rohmi Penuh Inovasi dan Terobosan Mewujudkan NTB Gemilang