POLITIK

Popularitas A Rahman Abidin Tertinggi Tembus 87,9 Persen, Disusul Feri Sofian 76,8 Persen

(Foto/Istimewa)

NUSRAMEDIA.COM — Lembaga survei Political Research and Marketing (Polram) merilis popularitas kandidat para bakal calon Walikota/Wakil Walikota untuk Pilkada Kota Bima 2024.

Menurut Direktur Polram Azhari Evendi, bahwa survei yang dilakukan pihaknya ini menggunakan metodologi (metode sampel) multistage random sampling.

Kemudian populasi survei, penduduk Kota Bima yang sudah memiliki hak pilih yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Selanjutnya Surveyor, minimal mahasiswa atau sederajat yang sudah mendapatkan pelatihan survei. Validasi Data, yang mana membandingkan data demografis hasil survei dengan data pemilih tetap (DPT).

Baca Juga:  DSU : Warga Suku Sasak Semakin Dewasa Secara Politik

Adapula Teknik dan Waktu, wawancara tatap muka dengan responden terpilih dengan questioner (Kobocollect) pada 7-9 Mei 2024. “Jumlah sampel 410 responden (margin of error sekitar 4,8 persen pada selang kepercayaan 95 persen),” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa survei yang dilakukan dari 7-9 Mei itu tersebar di 41 Kelurahan lingkup Kota Bima. Adapun popularitas sejumlah figur bakal calon Wali Kota Bima berdasarkan capaian persentasenya.

Untuk mereka yang berada diposisi lima besar. Diposisi pertama atas nama A. Rahman Abidin (87,9 persen). Kedua, Feri Sofian (76,8 persen). Ketiga, Hj Eliya (71,2 persen).

Baca Juga:  Inilah Caleg Terpilih DPRD NTB dari Dapil NTB 5 Periode 2024-2029

“Diposisi keempat H Syafruddin (58,5 persen) dan posisi kelima H. Muhammad Rum 53,2 persen (sosok yang menjabat sebagai Pj. Walikota Bima saat ini),” pungkasnya. (red)